Tuesday, July 15, 2008

Miss USA Kembali Terjatuh

[ Selasa, 15 Juli 2008 ]
Miss USA Terjatuh, AS Kembali Malu
Korban Penculikan Miss Universe 2008

NHA TRANG CITY - Amerika Serikat (USA) kembali menuai malu dalam perhelatan grand final Miss Universe. Wakil mereka, Crystle Stewart, terpeleset dan jatuh saat namanya baru dipanggil untuk memeragakan gaun malam menjelang pengumuman pemenang lima besar ratu sejagat kemarin (14/7). Ini untuk kali kedua berturut-turut Miss USA terjerembab di ajang yang dilihat langsung ratusan juta penonton di 170 negara.

Dalam kontes Miss Universe 2007 di Mexico City, Miss USA Rachel Smith juga jatuh dalam kompetisi gaun malam. Momen memalukan itu langsung menjadikan Smith sebagai bintang pada situs video interaktif You Tube. Sampai kemarin video itu sudah disaksikan 1.690.225 pengakses internet.

Seperti Smith, Stewart segera berdiri setelah jatuh dan melanjutkan peragaan, seolah tidak terjadi apa-apa. Pembicara motivasi dan mantan pelari itu melambaikan tangan sembari menyunggingkan senyum. Lantaran insiden tersebut, Stewart yang termasuk kontestan yang diunggulkan, gagal masuk lima besar.

Kecelakaan terjadi justru setelah juri memiliki 10 finalis dari 80 peserta, yaitu Miss USA, Miss Kosovo, Miss Australia, Miss Spanyol, Miss Meksiko, Miss Kolombia, Miss Republik Dominika, Miss Rusia, Miss Italia, dan Miss Venezuela.

Saat ditemui seusai acara, Stewart menyatakan insiden tersebut terjadi akibat sepatunya menginjak gaun yang dipenuhi detail emas. Hal itu membuat tubuhnya tidak seimbang dan jatuh. ''Ya, semuanya bisa terjadi saat grand final,'' ucap Stewart santai. Meski gagal masuk lima besar, dia menyatakan tak menyesal dengan kejadian tersebut. ''Saya tidak pernah meminta hal ini. Kalaupun memang harus terjadi, ya sudahlah. Saya sudah memberikan seluruh kemampuan saya,'' imbuhnya. "Tapi, bisa jadi ini juga sebuah kutukan. Semoga ini tidak menular di tahun berikutnya," sambungnya.

Gelar Miss Universe 2008

Miss Venezuela Dayana Mendoza, 22, akhirnya dinobatkan sebagai Miss Universe 2008. Dalam kontes ratu ayu sejagat yang diselenggarakan di Nha Trang City, Vietnam, kemarin pagi, Mendoza menyisihkan empat finalis lain yang masuk dalam jajaran lima besar. Yaitu, Miss Kolombia Taliana Vargaz, Miss Republik Dominika Marianne Cruz Gonzalez, Miss Rusia Vera Krasova, dan Miss Meksiko Elisa Najera.

Sejak awal Mendoza sudah menarik perhatian. Latar belakangnya sebagai gadis yang pernah diculik di kampung halaman mengundang simpati. Dia mengatakan, pengalaman itu mengajarkannya untuk tetap tenang di bawah tekanan. Wajahnya yang ayu juga membuat banyak orang menjagokannya untuk memenangi kontes tahunan tersebut. Ditambah lagi jawaban yang dilontarkan saat wawancara membuat juri tak ragu menetapkan Mendoza sebagai pemenang. ''Laki-laki dan perempuan memang berbeda. Tapi, yang menjadi perbedaan itu adalah laki-laki langsung pada maksudnya. Sementara perempuan lebih berliku-liku,'' jawabnya mantap.

Pada detik-detik penentuan Mendoza terlihat gugup. Gadis tinggi semampai ini saling memegang tangan dengan Miss Kolombia Taliana Vargaz. Wajahnya terlihat terkejut begitu tahu namanya disebut sebagai pemenang. Raut wajahnya semakin semringah ketika mahkota bertatah mutiara-berlian senilai USD 120.000 dikenakan di kepalanya oleh pendahulunya, Miss Universe 2007 Riyo Mori asal Jepang.

Setelah ini Mendoza akan hijrah ke New York selama setahun untuk menjalani tugas baru sebagai miss universe. Dia juga akan berkeliling dunia atas nama amal dan sponsor pemilihan puteri kecantikan tersebut.

Nama Mendoza sebetulnya sudah terselip pada pengumuman 15 finalis yang dilakukan di awal acara. Kelima belas kontestan itu terpilih dalam penjurian awal saat kontes baju renang, gaun malam, dan wawancara. Tapi, nama mereka tidak diumumkan hingga Senin (14/7) pagi, saat pelaksanaan final.

Acara final kemarin disiarkan langsung ke ratusan juta penonton di 170 negara, termasuk Indonesia. Menyesuaikan ciri khas Vietnam, pembawa acara Jerry Springer yang mengenakan tuksedo masuk ke panggung dengan sebuah sepeda motor, kendaraan favorit rakyat Vietnam. Ke-15 finalis yang terpilih memeragakan busana renang di atas panggung diiringi lagu Just Dance dari Lady Gaga. Miss Vietnam Lam Thuy Nguyen mendapat sambutan paling meriah dari penonton tuan rumah. Setelah kompetisi gaun malam, lima di antara sepuluh kontestan dieliminasi. Juri memilih pemenang dari lima tersisa. (lihat grafis, Red).

Kontestan Miss Universe tahun ini memiliki beragam pengalaman dan kemampuan. Miss Albania adalah seorang pemain bola basket profesional. Miss Argentina mengatakan dirinya memiliki pengalaman paranormal. Miss Antigua & Barbuda tergila-gila pada ular. Miss Angola pernah mengalami kecelakaan pesawat ketika mencoba melarikan diri dari konflik dalam perang saudara negaranya.

Kontestan paling pendek tahun ini adalah Miss El Salvador (1,6 meter) yang akhirnya meraih gelar Miss Congeniality. Sedangkan kontestan tertinggi adalah Miss Jamaika, Miss Meksiko, dan Miss Peru, yang berukuran 1,8 meter.

Riyo Mori

Dengan diserahkannya mahkota kepada Dayana Mendoza, berakhir sudah tugas Riyo Mori. Usai melakoni tugasnya sebagai ratu sejagat, Riyo sudah punya segudang rencana. Pertama, dia akan pulang ke negara asalnya, Jepang, dan mendirikan sekolah tari. ''Sekolahnya sudah dibangun. Perkiraan akhir tahun ini rampung,'' ucap Mori yang hadir dalam konferensi pers di Media Center Kompleks Crown Convention Center sesaat setelah acara. Tidak hanya itu, dia juga berharap bisa mewujudkan impian sejak lama, yaitu mengunjungi banyak tempat di dunia. ''Mungkin setibanya di Jepang, saya akan ke New York lalu melanjutkan ke negara lain,'' imbuhnya.

Siang itu, alih-alih gaun, Mori tampil cantik dengan balutan atasan tuksedo dan celana panjang hitam. Disinggung soal bajunya, Mori mengaku memang senang tampil beda hari itu. ''Lagi pula, saya terlihat seksi kan dengan baju ini,'' ucap Mori sembari bergaya.

No comments: