Tuesday, July 15, 2008

Siap Pecahkan Rekor Zidane

MADRID - Winger Manchester United Cristiano Ronaldo mendapatkan saingan untuk memecahkan rekor pemain termahal di dunia. Pesaing Ronaldo adalah bintang Real Madrid Robinho.

Kabarnya, jika hijrah ke Madrid, Ronaldo akan ditransfer dengan banderol sebesar 80 juta pounds atau sekitar Rp 1,4 triliun. Sedangkan Robinho akan dilego ke Chelsea dengan nilai 48 juta pounds (sekitar Rp 870 miliar). Rekor pemain termahal dunia saat ini masih dipegang oleh megabintang asal Prancis Zinedine Zidane. Yakni, 46 juta pounds (sekitar Rp 837 miliar) pada musim panas 2001.

The Guardian memberitakan, Peter Kenyon, chief executive Chelsea, sedang mempertimbangkan penawaran tersebut. Sebelumnya, Direktur Sport Real Madrid Predrag Mijatovic meminta agar Chelsea menaikkan tawaran semula yang berkisar 40 juta euro atau sekitar 32 juta pounds. Tawaran tersebut disodorkan Chelsea pada Jumat (12/7) lalu. Tawaran pertama Chelsea yang hanya 25 juta pounds ditolak mentah-mentah oleh El Real (julukan Real Madrid).

Permintaan itu tidak lepas dari hasil pertemuannya dengan agen Robinho, Wagner Ribeiro, pada Senin (14 /7) lalu. Dalam kesempatan tersebut, Ribeiro menyatakan bahwa kliennya sangat berminat bergabung dengan skuad Luiz Felipe Scolari. Bahkan, dalam bahasa Robinho, bermain di bawah asuhan Scolari merupakan satu impian.

Madrid memang mengizinkan Robinho tidak mengikuti sesi latihan. Sebab, Robinho bakal memperkuat Timnas Brazil di Olimpiade Beijing, Tiongkok, 8-24 Agustus mendatang. Namun, absennya Robinho lebih banyak dibumbui kekesalan dirinya terhadap sikap Madrid yang menjual atau memperalat dirinya dalam upaya memburu Ronaldo.

Selain dongkol diperalat, Robinho semakin gerah dengan sikap klub yang tak kunjung menawarkan kontrak dan gaji baru seperti yang dimintanya. "Madrid tidak menghargai dia (Robinho, Red) dengan nilai yang sepantasnya dia dapatkan. Saya pun tidak suka dengan realita bahwa klub berusaha menyisipkan Robinho dalam deal Ronaldo. Kini, uang bukan lagi masalah baginya. Yang penting, Robinho ingin segera hengkang dan bermain bersama Scolari di Chelsea," tegas Ribeiro seperti dilansir The Guardian.

Dalam pertemuan tersebut, Mijatovic melansir besaran klausul buy-out dalam kontrak berjalan Robinho mencapai sekitar 150 juta euro atau sekitar 120 juta pounds (Rp 2,18 triliun). Namun, klausul itu hanya berlaku di Liga Primera Spanyol. Artinya, jika ada klub kompetitor Madrid di Liga Primera, Robinho hanya dapat pindah dengan fee sebesar klausul buy-out tersebut. Karena itu, pintu bagi Robinho untuk merasakan atmosfer Premier League terbuka.

"Seperti mimpi yang jadi kenyataan jika saya bisa bermain bersama Luiz Felipe Scolari. Dia adalah salah seorang pelatih terbaik di dunia saat ini. Saya selalu menyanjung dan menghormatinya jauh sebelum dia menangani Chelsea. Saya masih ingat kejadian pada 2003. Saat itu, saya belum terkenal di Eropa. Dia (Scolari, Red) memanggil saya untuk tampil dalam satu laga amal. Meski waktunya singkat, itu sudah cukup bagi saya untuk mengenal gaya dan karakternya," tutur Robinho.

The Guardian mengklaim bahwa Ribeiro dan Peter Kenyon telah tiga kali bertemu di sepanjang pekan lalu. Kedua pihak sama-sama sepakat dengan personal terms, di mana Robinho bakal mengikat kontrak selama lima tahun. Robinho dijanjikan gaji sebesar dua juta euro (Rp 29 miliar) per tahun. Setelah pertemuan usai, Jumat lalu (11/7) Chelsea mengirimkan penawaran sebesar 40 juta euro.

No comments: